Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Tentang Microblogging

Sebenernya apa sih mcrobloging itu?? mari kita runut secara bahasa : micro + blogging. Micro ( mikro, kecil ), danBlogging ( blogging, nge-blog ) di sambung menjadi microblogging. artinya :ngeblog dalam skala kecil
Berbeda dengan blogging biasanya, microblogging terbatas pada sejumlah karakter saja (biasanya 140) dan biasanya hanya mendeskripsikan secara singkat apa yang ada di benak anda saat itu. untuk memudahkan pengupdate-an, biasanya service microblogging ini sudah menyediakan fitur update via account instant messanging seperti yahoo! messanger via mobile phone. 

Di dunia internet ada banyak situs penyedia layanan microblogging, namun hanya sedikit yang populer seperti Twitter dan Plurk, bahkan beberapa diantaranya sudah ditutup oleh si pembuat seperti Pownce danEmotionnr. Nah di Indonesia sendiri ada 3 situs microblogging yang paling banyak digunakan, termasuk didalamnya microbloggingIndonesia yaitu Kronologger. Mari kita bahas lebih lanjut 3 microblogging yang populer di Indonesia saat ini…

Twitter

twitter
Sebagai pelopor situs microblogging yang muncul di tahun 2006, Twitter sangat populer di dunia internet internasional. Fitur yang ditawarkan oleh Twitter sangatlah sederhana, yaitu kolom isian dengan pertanyaan‘What Are You Doing’. Disini kita bisa menuliskan apa saja yang sedang kita lakukan, begitu ter-update maka teman – teman anda akan bisa melihat status terbaru anda. Disini sistem pertemanannya dibagi menjadi 2 yaitu Follow & FollowerFollow adalah orang – orang yang anda yang anda ikuti perkembangan update Twitternya sementaraFollower adalah teman yang mengikuti update Twitter anda. Di Indonesia sendiri, Twitter kalah populer dibanding Kronologger & Plurk.

Kronologger

kronologger
Kronologger yang lahir di tahun 2007 adalah situs microblogging lokal buatan anak negeri. Secara umum tampilannya mirip dengan Twitter, bedanya dengan Kronologger anda bisa menambahkan file foto di dalamposting. Selain itu Kronologger juga memungkinkan kita untuk mengirimkan posting melalui SMS. Bahkan baru – bari ini, Kronologger menyediakan aplikasi tambahan yang menghubungkan Kronologger dengan Twitter, Plurk dan Facebook. Cukup banyak pengguna Kronologger di Indonesia, apalagi situs ini mendapat dukungan komunitas dunia maya AsiaBlogging.

Plurk

plurk
Plurk merupakan microblogging generasi baru yang lahir di tahun 2008, meski terbilang paling muda, namun popularitas Plurk naik dengan cepat. Bahkan di Indonesia, Plurk bisa dikatakan yang paling populer saat ini. Yang unik dari Plurk, update status anda dan teman – teman anda ditampilkan dalam bentuk timeline.  Sistem pertemanan dalam Plurk terdiri atas Friends & FansFriends adalah orang – orang yang postingannya akan muncul di timeline anda demikian juga sebaliknya, sementara Fans adalah orang yang mengikuti posting anda di timeline-nya tapi postingan mereka tidak akan masuk di timeline anda. . Satu lagi, di Plurk ada sistem Karma untuk memotivasi anda agar akun anda tetap aktif. Karma adalah jumlah poin yang anda peroleh dari aktivitas Plurk anda, jadi semakin aktif Plurk anda tentu Karma-nya akan semakin besar. Karma ini berguna untuk mengaktifkan fitur-fitur tambahan dari Plurk jika Karma anda sudah mencapai jumlah tertentu.
Jadi situs microblogging mana yang jadi pilihan anda? 
Source : bloggingly.com 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar